Maliqmaliq Idea's
Read, Comment and Share…!

Hanya Pemuda Pancasila yang Peduli dengan Gunung Geulis

Oleh : Malikkul Shaleh ( Kader SAPMA Pemuda Pancasila )

Bisa dibayangkan apa yang dirasakan oleh seorang tua bernama Rukmana kala dirinya harus menjaga dan merawat sebuah gunung berserta hutan didalamnya seorang diri. Hanya keikhlasan, niat dan semangat yang menjadi modal untuknya mengurus Gunung Geulis agar tetap selalu hijau dan lebat. “Harapan saya, semoga masih ada orang yang peduli dengan kondisi Gunung Geulis ini,” ucapnya berharap.

Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Komisariat Unpad mengadakan peninjauan kembali tanaman pohon di Gunung Geulis yang terletak di Desa Cinanjung, Tanjung Sari, Sabtu (28/08). Acara yang bertajuk “SAPMA PP Unpad Riung Mumpulung” ini merupakan follow up dari kegiatan penanaman 64 pohon yang setahun lalu dilakukan oleh SAPMA PP Komisariat Unpad rangka memperingati HUT RI ke-64di Gunung Geulis. Selain itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan bagi-bagi tajil gratis dan buka puasa bersama kader SAPMA PP Komisariat Unpad.

“Saya mewakili seluruh kader SAPMA PP khususnya komisariat Unpad, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Rukmana yang bersedia menggantikan kami menjaga dan merawat pohon-pohon ini,” ujar Ketua SAPMA PP Komisariat Unpad, Aditya N.K.P saat memberikan sambutan diawal acara.

Untuk mencapai tempat penanaman pohon, harus ditempuh dengan menelusuri jalan setapak yang kemudian dilanjutkan dengan mendaki gunung sejauh 1 km. Patahan batu yang terlihat curam dan licin sedikit mempersulit pendakian. Melewati lebatnya pepohonan yang terlihat menggelap akibat tertelan langit sore, tidak menyurutkan rombongan yang hanya terdiri dari 6 orang. “Ternyata lumayan melelahkan juga naik gunung dibulan puasa, tapi ini bukan masalah bagi kami. Sewaktu penanaman saya tidak bisa ikut tapi sekarang saya merasa senang dan puas, apalagi akhirnya bisa melihat pohon-pohon kami dalam kondisi yang baik” tutur Alfan, Ketua pelaksana kegiatan.

Gunung Geulis pada awalnya merupakan tanah masuk yang terbentuk tidak sebagai gunung yang sebenarnya. Baru pada tahun 1991 dicangankan oleh Perhutani Jawa Barat menjadi kawasan perlindungan. Gunung Geulis sendiri merupakan kawasan hutan yang dijaga dan dirawat oleh Perum Perhutani, KPH Sumedang dan masuk kedalam wilayah BKPH Manglayang Timur, RPH Gunung Geulis, Unit III Jawa barat. Jenis tanaman yang ada di gunung seluas 35, 2 hektar itu diantaranya yaitu Mahoni, Puspa, Albasia dan Salam. Gunung Geulis sendiri dimanfaatkan untuk penyadapan pohon Pinus berupa getah.

“ Sewaktu krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1996-1999, Gunung Geulis sempat ditinggal dan ditelantarkan oleh Perhutani, tapi pada tahun 2003 kembali diambil alih oleh Perhutani,” tambah Rukmana.

Rukmana yang bertugas menjaga dan merawat RPH Gunung Geulis bersama 3 temannya mengatakan bahwa setelah diambil kembali di tahun 2003 sebenarnya banyak yang telah membantu pemulihan kondisi Gunung Geulis, baik institusi maupun perorangan, tapi sekarang tidak ada lagi yang peduli. Apalagi pernah terjadi kebakaran pada tahun 2007 yang melahap wilayah Gunung Geulis di desa Cinanjung seluas kurang lebih 2 hektar. Tercatat dari tahun 2008 sampai dengan 2010, baru dari SAPMA Pemuda Pancasila lah yang menanam pohon di Gunung Geulis, “Saya bersyukur masih ada yang peduli dengan gunung ini, dan saya berterima kasih dengan adik-adik dari SAPMA Pemuda Pancasila yang telah membantu. Semoga melihat hal ini, orang-orang bisa semakin tersadarkan dan akhirnya peduli terhadap lingkungannya terutama Gunung Geulis ini,” ujarnya.

Sebelum akhirnya kembali kebawah, dilakukan penanaman 3 pohon jenis Puspa secara simbolis yang dilakukan oleh perwakilan kader SAPMA Pemuda Pancasila Komisariat Unpad. Ke-64 yang dulu ditanam ternyata telah mencapai 40 cm tingginya, dan bisa tumbuh baik jika kondisi alami Gunung Geulis terjaga. “Tanam saja pasti akan tumbuh. Tanah di gunung berbeda dari daratan lain, tapi dengan catatan, kondisinya baik. Apalagi rencananya akan dibuat wahana pariwisata berupa jogging track dan akan ditambah satwa liar disini jadi kondisinya harus jadi semakin baik,” tambah Rukmana mengakhiri (Mn’M)

No Responses to “Hanya Pemuda Pancasila yang Peduli dengan Gunung Geulis”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: