Maliqmaliq Idea's
Read, Comment and Share…!

Uncle Sam, I am Coming!

Sri mulyani, mantan Menteri Keuangan RI

Headline media massa dan elektronik mungkin hari ini dipenuhi dengan berita mengejutkan tentang pengunduran diri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dari jabatannya. Sri Mulyani mendapat tawaran untuk menduduki Direktur Operasional Bank Dunia. Presiden Bank Dunia Robert Zoellick menyatakan hal ini sehari sebelumnya. Pemilihan Sri Mulyani ini menimbulkan reaksi beragam di dalam negeri. Beberapa kalangan mungkin sangat terkejut dan heran akan berita ini, tapi untuk kebanyakan orang juga ini merupakan prestasi Indonesia di dunia Internasional, karena salah satu anak negerinya berhasil menduduki posisi sebagai petinggi di organisasi keuangan terbesar di dunia tersebut.

Namun, lain halnya respon dari kalangan politik dan ekonomi di tanah air. Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani ini dianggap sebagai usaha untuk melarikan diri dari permasalahan yang belakangan ini terjadi menyangkut dirinya. Beberapa kasus besar yang terjadi di Indonesia selalu mengkaitkan Sri Mulyani. Sebut saja kasus Bank Century yang masih belum menemukan titik terang dan yang baru-baru ini mencuat kepermukaan, yaitu mafia pajak Gayus yang merugikan Negara hingga dana ratusan milyar.

Bila dilihat dari status Sri Mulyani yang masih dalam proses pemeriksaan terkait dengan posisinya dahulu di KSSK dalam kasus Bank Century. Proses hukum masih terus berjalan dan hal ini tidak bisa dianggap hanya sebagai angin lalu. Apalagi disebutkan bahwa Sri Mulyani akan mulai bekerja dengan jabatannya per 1 Juni 2010, dan dia akan berada di Amerika Serikat selama bertugas. Itu artinya beliau akan berada jauh dari Indonesa, jauh dari kepusingan proses hukum yang harusnya dijalaninya.

Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merespon keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan mengizinkannya untuk jabatan itu pun menambah keanehan. Pasalnya Presiden dinilai seolah-olah ingin menyelamatkan Sri Mulyani dari jeratan kasus yang sedang dialaminya. Hanya dalam dua hari, kontroversi kemunduran Sri Mulyani menjadi buah bibir di tanah air. Mulai dari alasan kenapa Sri Mulyani terpilih sampai dengan yang paling menjadi rebutan, yaitu siapa yang akan menggantikan beliau untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Sudah barang tentu ini menjadi isu yang menguntungkan bagi siapa pun. Menguntungkan bagi mereka yang kasusnya telah tercium publik sebelumnya.

Jawaban kenapa seorang Sri Mulyani ditunjuk untuk menjadi petinggi di Bank Dunia rasanya sudah jelas dan tidak perlu dipergunjingkan lagi. Prestasi ekonomi Indonesia melewati masa krisis beberapa waktu lalu adalah alasan utama kenapa Bank Dunia lalu memilih Sri Mulyani. Beberapa sumber mengatakan bahwa tawaran itu sudah sejak lama diberikan kepada Sri Mulyani. Sri Mulyani dinilai mampu mempertahankan stabilitas ekonomi Indonesia, dengan kemampuannya tersebut dia dirasa cocok untuk menduduki posisi Direktur Operasional Bank Dunia.

Namun, yang menjadi perdebatan adalah siapa yang akan menggantikan Sri Mulyani, dan apakah Presiden sebagai yang memiliki wewenang penuh memang sudah mempersiapkan orangnya?

We’ll see in a next few days….

By : Mn’M

One Response to “Uncle Sam, I am Coming!”

  1. Uihhhhh adaa pengamat politik…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: